Cara Menentukan Rate Card TikTok? [Contoh Rate Card]

Pernahkah Anda didekati oleh sebuah perusahaan yang menanyakan berapa harga yang Anda tetapkan untuk sebuah kolaborasi? Mereka mungkin meminta harga Anda untuk memasang gambar, video, atau bahkan cerita. Sebenarnya, yang mereka minta adalah kartu tarif. Jadi, bagaimana cara menentukan rate card TikTok?

Rate card TikTok ditentukan oleh reach, jumlah followers, engagement rate, dan cost per view.

Ada banyak faktor lain yang akan dibahas secara rinci di blog ini. Baca terus untuk mengetahui apa itu rate card, mengapa itu penting, dan bagaimana Anda dapat membuatnya sendiri. Mari kita mulai.

cara menentukan rate card tiktok

Apa itu rate card TikTok?

Rate card TikTok adalah daftar komprehensif untuk influencer dengan daftar layanan yang mereka tawarkan kepada klien beserta harga yang sesuai. Konten rate card berbeda untuk setiap influencer tergantung pada engagement rate, followers, dan popularitas.

Rate card TikTok adalah daftar yang menunjukkan layanan apa yang mereka tawarkan kepada klien dan berapa harga yang mereka kenakan untuk layanan tersebut. Harga pada kartu ini dapat bervariasi tergantung pada seberapa besar keterlibatan audiens mereka.

Dokumen ini mencakup semua detail, mulai dari audiens influencer, ide konten, dan biaya layanan tambahan yang mungkin harus mereka lakukan. Rate card TikTok digunakan terutama untuk perusahaan atau tim.

Siapa yang membutuhkan Tiktok RateCard?

Ratecard TikTok digunakan oleh para influencer dan konten kreator, dan juga cukup populer di industri kreatif dan pekerja lepas. Berikut adalah contoh untuk membantu Anda lebih memahami apa itu ratecard TikTok.

Katakanlah ada seorang freelancer videografer yang tidak ingin bekerja untuk perusahaan. Sebaliknya, dia ingin menawarkan jasanya dengan tarifnya sendiri.

Sekarang, ketika klien mendekati videografer tersebut, dia akan membutuhkan dokumentasi untuk mencantumkan layanan, paket, dan harga yang dia tawarkan.

Rate card TikTok digunakan oleh:

  • Influencer
  • Penulis
  • Penyanyi
  • Pelukis

Ratecard TikTok adalah apa yang menjadi fokus para influencer dan dipresentasikan kepada perusahaan yang datang kepada mereka untuk mendapatkan penawaran.

Fungsi RateCard untuk Influencer Tiktok

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu rate card TikTok, langkah selanjutnya untuk mengembangkan kartu Anda sendiri adalah memahami fungsinya untuk influencer dan klien. Ada beberapa alasan orang menggunakan ratecard TikTok.

Berikut adalah beberapa fungsi ratecard untuk pengikut TikTok:

1. Ratecard TikTok Meningkatkan Kolaborasi Klien

Rate card adalah dokumen profesional dan memberikan kesan yang lebih baik kepada merek tentang influencer. Itu berarti, merek yang lebih besar akan ingin berkolaborasi dengan mereka. Tidak hanya itu, ini juga menghemat waktu mereka dalam bernegosiasi dan menghindari masalah miskomunikasi dalam hal harga. 

2. Rate Card TikTok menyediakan Syarat dan Ketentuan

Saat Anda mengisi rate card, Anda menjelaskan setiap layanan yang Anda berikan. Influencer TikTok merinci harga untuk setiap video. Katakanlah Anda membuat kartu rate untuk layanan media sosial. Dalam hal ini, tarif Anda akan mencakup tarif untuk setiap foto, feed, video, dan cerita, dll. Yang akan Anda buat untuk klien Anda.

Ini dikenal sebagai ketentuan yang Anda tetapkan. Sekarang, klien Anda akan dapat lebih memahami struktur harga Anda dan menyewa layanan Anda sesuai dengan anggaran mereka.

Contoh Rate Card Tiktok

Jadi, bagaimana cara membuat rate card? Berikut ini beberapa contoh berdasarkan jumlah followers untuk membantu Anda memulai:

1. Followers lebih dari 100 ribu

Jika followers Anda melebihi 100 ribu, maka rate card Anda akan terlihat seperti ini:

  • Story: Rp 5.000.000 per post
  • Video: Rp 23.550.000 per post
  • Foto: Rp 17.250.000 per post

Contoh ini adalah rate card untuk Stephanie Poetri dengan akun @stephaniepoetri yang memiliki lebih dari 100.000 followers.

2. Followers lebih dari 500 ribu

Sekarang, jika Anda memiliki daftar followers yang melebihi 500 ribu, maka rate card Anda akan terlihat seperti ini:

  • Katalog: Rp 80.000,00 per item
  • Endorse: Rp 250.000,00 per post
  • Story: Rp 250.000,00 per post
  • Snapgram video: Rp 400.000,00 per post

Contoh ini adalah rate card dari TikToker deey dengan akun @danniaslsblla, yang memiliki lebih dari 500.000 followers.

3. Followers lebih dari 1 juta

Jika Anda memiliki lebih dari 1 juta followers maka rate card Anda akan sedikit lebih mahal daripada yang lain. Berikut ini adalah contoh tampilannya:

  • Katalog: Rp 350.000,00 per item
  • Paid Story: Rp 225.000,00 per pos
  • Review Story: Rp 600.000,00 per post
  • Endorse: Rp 900.000,00 per post

Contoh ini adalah rate card dari TikToker Dillah Probokusumo dengan akun @dillaprb. Dia memiliki lebih dari 1,8 juta pengikut.

4. Aesthetic Rate Card TikTok

Setelah Anda memiliki jumlah pada rate card Anda, Anda perlu memastikan bahwa kartu tarif Anda terlihat menarik secara estetika, seperti ini:

Aesthetic Rate Card TikTok

Ini tidak hanya memberikan tampilan profesional kepada klien Anda, tetapi juga merinci struktur harga Anda dengan cara yang dapat mereka pahami. Selain itu, Anda bisa menambahkan profil pribadi singkat, foto, statistik, tarif, demografi, kontak, layanan promosi, dan merek yang pernah berkolaborasi dengan Anda. Ini akan memberi klien Anda gambaran lengkap tentang profil Anda dan menjustifikasi struktur harga Anda.

Cara Menentukan Rate Card TikTok untuk Pemula?

Sekarang setelah Anda mengetahui tarif yang bisa Anda tetapkan pada card Anda, mari kita bahas cara menentukan rate card TikTok.

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan ratecard TikTok untuk pemula:

1. Reach (Jangkauan) dan Engagement (Keterlibatan)

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk kartu tarif dukungan pemula Anda adalah engagement dan reach Anda. Engagement dan reach menentukan seberapa baik akun TikTok Anda berkembang. Anda juga perlu mengetahui jumlah followers yang Anda dapatkan.

Engagement rate Anda menunjukkan kualitas akun Anda dan dapat dengan mudah ditemukan melalui aplikasi TikTok Anda.

Anda dapat melihat lebih dalam tentang engagement rate Anda di sini: cara cek ER TikTok.

2. Jumlah Followers (Pengikut)

Jumlah followers yang Anda miliki memungkinkan Anda untuk menetapkan tarif pada rate card pemula. Rate card TikTok saat ini dibuat berdasarkan tiga kategori untuk jumlah followers:

  • 50 ribu followers (Nano)
  • Kurang dari 100 ribu pengikut (Mikro)
  • Lebih dari 100 ribu pengikut (Makro)

3. Kebijakan Lengkap

Ini adalah langkah yang sangat penting dalam menentukan rate card Anda. Kebijakan adalah syarat dan ketentuan antara Anda dan klien tentang jenis pekerjaan dan harga yang Anda sepakati. Pastikan Anda memilikinya secara lengkap dan tertulis sebelum melanjutkan pekerjaan.

4. Demografi Follower (Pengikut)

Demografi Follower memungkinkan Anda membuat kampanye yang lebih baik dan menghasilkan hasil yang sukses. Demografi mencakup lokasi pengikut Anda, usia, jenis kelamin, dan minat. Anda kemudian dapat membuat kampanye untuk menarik minat mereka.

5. Rate Card yang estetis

Rate card TikTok Anda harus kreatif dan bertema sesuai dengan citra merek Anda. Hal ini akan memberikan tampilan profesional dan membuat klien tertarik untuk mengajak Anda berkolaborasi.

6. Cost Per View

Kartu endorsement pemula Anda juga dapat dibuat berdasarkan jumlah rata-rata penayangan konten Anda sebelumnya. Anda kemudian dapat mengalikannya dengan harga pasar untuk layanan dukungan.

Biaya rata-rata untuk layanan ini saat ini adalah Rp 100-Rp 1.000 per penayangan.

7. Kalkulator TikTok

Anda dapat menggunakan kalkulator TikTok seperti KalkulatorTik untuk menentukan engagement rate Anda dan menetapkan harga pada rate card TikTok Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan nama pengguna Anda dan mengklik “analisis.” Hasilnya kemudian akan membantu Anda memberikan harga yang adil kepada klien untuk layanan Anda.

Cara Membuat Rate Card Pemula?

Rate card Anda harus kreatif dan terperinci. Berikut ini beberapa cara untuk membuat rate card pemula yang bagus:

1. Desain yang menarik

Jika Anda ingin menarik lebih banyak brand, pastikan Anda mendesain rate card Anda agar terlihat profesional dan fokus pada jenis konten yang Anda hasilkan. Misalnya, jika Anda membuat video tentang traveling, Anda dapat menambahkan gambar pada rate card Anda untuk menunjukkan keahlian Anda dan menarik brand yang tepat.

2. Gambaran Umum Audiens

Jika Anda menambahkan audiens target Anda di rate card, Anda dapat memutuskan jenis merek dan kampanye apa yang cocok untuk TikTok Anda. Klien akan mengetahui apakah profil Anda adalah profil yang cocok untuk layanan / produk mereka.

3. Personal Value yang Unik

Pastikan konten Anda unik dan disukai oleh audiens Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun kampanye yang ingin dilihat oleh followers dan membangun hasil yang berkelanjutan.

4. Gunakan Metrik

Tentukan metrik mana yang Anda targetkan dan buat rate card daftar harga TikTok Anda yang sesuai.

Beberapa metrik meliputi:

  • Cost per Action (CPA)
  • Engagement rate (ER) atau tingkat keterlibatan
  • Cost per View (CPV)

Ini memberi merek pandangan yang lebih baik tentang followers organik Anda.

5. Jangan Membeli Followers

Terakhir, dan yang paling penting, jangan membeli followers Anda. Ini karena klien tidak hanya melihat jumlah followers, tetapi jumlah followers yang aktif. Jika Anda tidak memiliki interaksi organik, Anda dapat masuk daftar hitam dan mengurangi peluang mendapatkan klien.

Kesimpulan

Rate card TikTok adalah strategi yang bagus untuk meningkatkan peluang penghasilan Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah riset dan kreativitas, maka Anda bisa dengan mudah membuat akun TikTok untuk klien Anda dan menghasilkan jutaan!

Baca juga:

Pertanyaan Umum

Untuk membuat rate card TikTok, Anda memerlukan informasi berikut:

  • Tentang Anda
  • Dukungan sebelumnya
  • Tautan TikTok
  • Detail tarif
  • Detail kontak

Kartu tarif TikTok ditentukan oleh:

  • Desain
  • Demografi pengikut
  • Jumlah followers
  • Engagement Rate
  • Kalkulator TikTok
  • Cost per view

Tarif Anda tergantung pada reach, engagement, dan jumlah followers yang Anda miliki di TikTok. Tarif dasar adalah sekitar Rp 76.000 untuk satu postingan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *